Sabtu, 06 April 2013

Kajian Kitab Safinnatun Naja - 1


Kitab yang lengkapnya bernama "Safinah An Najah Fiima Yajibu `ala Abdi Ii Maulah" (perahu keselamatan di dalam mempelajari kewajiban seorang hamba kepada Tu­hannya) ini, merupakan kitab ushul fiqh dasar dalam Mazhab Syafi'i. Kitab ini disusun oleh Syaikh Salim Bin Smir Al Hadrami As Syafi'i. 


Kitab ini sangat terkenal dikalangan Pesantren, Majelis Ta'lim dan Warga Nahdliyin pada umumnya, sebagai pegangan fiqh yang ringkas dan biasanya awal dipelajari untuk mengetahui dasar-dasar beribadah. Kitab ini juga pernah disyarah oleh beberapa ulama lain untuk melengkapi penjelasannya, termasuk oleh Imam Nawawi Al Bantani dalam Kitab beliau Kasyifatus Saja 'ala Safinatun Najah. Selain itu ada juga Kitab Durratu Saminah Hasyiyah 'ala Safinah Karya Syaikh Ahmad Bin Muhammad Al Hadrawi, Kitab Nailur Raja Syarah Safinatun Najah karya Sayyid Al Habib Ahmad Bin Umar Asy Satiri dan beberapa Kitab lain yang memperjelas Kitab Syarah Safinatun Najah ini. Untuk itu sebelum kita mulai ada baiknya kita hadrah Fatihah kepada Rasulullah, Keluarga, Sahabat, Tabi'in, wa tabi'it tabi'in 'alaihim ajma'in khususan ila Syaikh Salim Bin Smir Al Hadrami As Syafi'i wa usulihim wa furu'ihim wa dzawil huquqi 'alaihi ajma'in syai-un lillahi lana walahumul fatihah...

MUQADDIMAH

الحمد لله رب العالمين، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد خاتم النبيين، واله وصحبه أجمعين، ولاحول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم



Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, kepada-Nya kami memohon pertolongan atas perkara-perkara dunia dan agama,  semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Sayyidina Muhammad shallallahu 'alayhi wa sallam, penutup nabi-nabi, juga kepada keluarga dan para sahabat seluruhnya, tiada daya upaya serta kekuatan (menyimpang dari kema'siatan) kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

KANDUNGAN SAFINATUN NAJAH

(فصل) أركان الإسلام خمسة: شهادة أن لاإله إلاالله وأن محمد رسول الله وإقام الصلاة، وإيتاء الزكاة , وصوم رمضان، وحج البيت من استطاع إليه سبيلا.


Fasal tentang Rukun Islam ada 5 (lima) :


  1. Syahadat yaitu La ilaha Illallah (Tiada Tuhan selain Allah) dan Muhammadarrasulullah (Bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah).
  2. Mendirikan shalat
  3. Mengeluarkan Zakat
  4. Bepuasa Ramadhan
  5. Berhaji ke Baitullah bagi orang yang mampu melakukan perjalanan

فصل) أركان الإيمان ستة: أن تؤمن بالله، وملائكته، وكتبه، وباليوم الآخر، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى)

Fasal tentang Rukun Iman ada 6 (enam) :


  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada para Malaikat-Nya
  3. Iman kepada kitab-kitab-Nya
  4. Iman kepada para Rasul-Nya
  5. Iman kepada hari akhir (qiyamat)
  6. Iman kepada taqdir (ketetapan) yang baik maupun yang buruk dari Allah
فصل) ومعنى لاإله إلاالله: لامعبود بحق في الوجود إلا الله)

Fasal tentang Makna kalimat La Ilaha Illallah adalah Tiada dzat yang disembah dengan haq (sebenarnya/wajib) pada wujud (keberadaan) nya kecuali Allah.

(Bersambung ....)

Kebenaran hakiki hanya milik Allah
Hamba Allah yang dhaif dan faqir
Dzikrul Ghafilin bersama Mas Derajad